Senin, 23 Mei 2016

Kisah Sukses Pengusaha Usia Belia



Beberapa cuplikan yang memberikan motivasi bagi pemuda pemudi yang belum atau baru ingin memulai sebuah usaha, karena dari cuplikan tsb,dapat dilihat usia muda bukan suatu alasan untuk meraih sukses.

KISAH THERESIA DEKA PUTRI

              Pengusaha muda pertama bernama putri berusia 25 tahun, diumurnya yang masih muda tersebut, kini ia sudah memiliki pabrik kopi luwak miliknya sendiri yang bernama PT.Karya Semesta, bahkan perusahaan miliknya ini sudah memproduksi kopi luwak hasil dari kebunnya sendiri.
           Belajar berwirausaha sudah dimulai putri sejak SMP, dimana dia pernah menjual sepatu, produk fashion dll, modal awalnya diambil dari tabunganya sejak ia TK. Bahkan pada saat SMA ia pernah menjual kue dan gorengan di sekolahnya, Setelah itu ia pernah bekerja di suatu perusahaan swasta sebagai marketing, dan setelah beberapa lama menekuni pekerjaanya, putri melihat peluang dari banyaknya warung kopi di pinggir jalan dan akhirnya ia mencoba untuk menjual kopi bubuk atau kopi olahan baik kopi dari tempat ia bekerja maupun kopi olahannya sendiri.
           Awal mulanya putri mencoba untuk menjual kopi, Putri meminjam biji kopi dari petani lalu diolah menjadi kopi bubuk, dari kopi bubuk yang laku terjual maka putri dapat membayar kopi yang terlebih dahulu dipinjamnya untuk diolah, dari situlah Putri mulai berkembang dan mulai memproduksi kopinya sendiri walaupun kopi milik putri belum banyak, maka barang yang dia jual adalah 20% produk yang ia miliki sendiri dan sisanya adalah produk milik orang lain.
            Dari pengalaman inilah, maka Putri mulai membuka perusahaan kopinya dengan skala kecil, hingga sekarang ia memiliki perusahaan produksi kopi yang cukup besar, namun usaha yang dirintis ini tidah semudah yang dibayangkan, putri pernah tertipu sampai hampir 500 Jt dan akhirnya dia bangkrut, bahkan dia berkata bahwa dia hanya memiliki 500 rupiah 2 keping di tanganya, namun pada saat down itulah ia bertemu dengan klien yang ingin mengorder dalam jumlah banyak, bahkan ia bertemu dengan BUMN, hingga mau membiayai lagi perusahaan putri agar dapat berkembang.
            Sekarang ia memiliki perusahaan kopi yang sangat besar, bahkan ia memiliki kebun sendiri yang berukuran kurang lebih hingga 4 hektar, dari hasil kebunya itu ia memproduksi kopi kopi luwak yang sangat nikmat, nama nama produk kopi hasil kebunya antara lain adalah, Luwak Lanang, Lanang Landek Dan juga Gajah Hitam, produk produk itu adalah produk asli milik Putri, bahkan Luwak Lanang sangat laku di luar negeri, selain luwak lanang, ia pun telah mengirimkan produknya ke berbagai Negara yaitu, Taiwan, Polandia, China, Jepang, Thailand, dan juga Malaysia.



KISAH NICHOLAS KURNIAWAN

            Pengusaha muda berikutnya adalah seorang pria berumur 21 Tahun, dia adalah Nicholas kurniawan, penguasaha muda yang sukses dalam bidang eksportir ikan hias, sebelum usahanya sesukses ini, sejak SD Nicholas sudah memperlihatkan tekadnya untuk berwirausaha, karena sejak SD dia sudah berjualan mainan kue dan gorengan.
            Ketika Nico masih duduk di kelas 2 SMA Kolese Kanisius. Seorang teman memberi Nico sepaket ikan Garra Rufa yang biasa bermanfaat untuk terapi. Karena merasa tidak membutuhkan ikan tersebut, Nicho mencoba menjualnya di Forum Jual-Beli Kaskus. Tanpa disangka, dalam waktu singkat banyak yang berminat membeli. Dan dari situlah nicho melihat peluang bahwa pasar ikan hias masih cukup besar.
            Dari situlah ia mulai membangun usahanya yang berhubungan dengan ikan hias, lalu setelah beberapa waktu, nicho sempat tertipu dengan order palsu yang mengakibatkan ia mengalami kerugian sekitar 30 jt, usaha nicho ini sudah mulai dari ia masih SMA, bahkan sampai ia pernah tidak naik kelas karena usahanya itu.
            Setelah kesulitan itu, perlahan ia mulai bangun lagi usahanya itu dan akhirnya ia bisa sukses sampai sekarang, dengan sistem penjualan online, nicho memiliki mitra dimana mana terutama dari Negara Australia dan china, bahkan sudah mengekspor ikan hiasanya ini ke beberapa Negara asia tenggara dan eropa.

KISAH HAMZAH IZZULHAQ

            Pengusaha muda yang baru berumur 19 tahun ini bernama Hamzah Izzulhaq, ia adalah pengusaha muda yang kini sudah memiliki perusahaan yang bernama Hamzah Indonesia, usaha yang dijalankannya bergelut dibidang pendidikan dan furniture sofabed, sebelum memiliki usaha ini, Hamzah sudah berulang kali gagal dan gagal lagi dalam berusaha, bahkan ia mengaku mulai kerja serabutan sejak ia masih SD, saat SMP juga ia sudah mulai berbisnis, jual beli buku, Kue, Makanan, bahkan mainan mainan untuk temanya. ia juga pernah membuka usaha pin, dan ia membeli mesinya dengan hasil kerja kerasnya, namun saat ia memakai mesin itu ia sedikit ceroboh dan merusakan mesin itu hingga tidak bisa dipakai lagi.
Saat  SMA ia pernah mengikuti seminar bisnis, dan pada saat seminar itu ia pernah ditawari untuk meneruskan usaha bimbel dengan sistem beli nama bimbel tersebut, seharga 175 jt, tetapi pada saat itu ia hanya memiliki uang sekitar 5 jt ditabunganya, dan akhirnya ia meminjam uang orang tuanya yang sebenarnya ingin dibelikan sebuah mobil untuk membayar bimbel tersebut, dan uang yang terkumpul adalah 75 jt, saat itu ia meyakinkan pihak bimbel supaya dapat membayar sisanya saat bimbel sudah berjalan, dan benar saja, tahun 2012, bimbel milik hamzah sudah lunas, membayari kekurangannya tersebut.
            Usahanya kini membuahkan hasil yang cukup memuaskan, ia memiliki usaha yang sudah dibilang cukup besar, sekarang ini ia memiliki sedikitnya 2 tempat bimbel sendiri, dan juga ia memiliki usaha sofabed yang diproduksi oleh 58 karyawannya.



0 komentar:

Posting Komentar